Rabu, 09 Desember 2020

Game Development Life Cycle Overview

 


JagadAcademy - Game Development Life Cycle (GDLC) merupakan turunan dari konsep Software Development Life Cycle (SLDC) yang memiliki 6 tahapan utama yaitu Requirement & Analisis, Desain, Implementasi, Testing, Instalasi dan Perawatan. Konsep dan penerapan GDLC terus berkembang disesuaikan dengan kebutuhan industri dan best practice dari sebuah studio game.  

Secara umum siklus hidup pengembangan game dapat dijabarkan mulai dari perumusan ide/konsep sampai menjadi dokumen acuan pengembangan game, perancangan game mekanik dan art, implementasi coding sampai pada perilisan game yang disertai dengan dan perawatan operasi game pasca rilis.


Terdapat beberapa jenis GDLC populer yang bisa anda gunakan sebagai acuan. Model-model GDLC tersebut dikembangkan oleh para akademisi dan praktisi game development yang mencoba untuk menemukan formula yang paling efisien dalam pengembangan game.

GDLC Versi Arnold Hendrick



Dalam model yang diajukan oleh Arnold Hendrick, proses pengembangan game justru dimulai dari penerjemahan game mekanik ke dalam bentuk prototipe yang bisa dimainkan baru memasuki proses pengembangan yang lebih lanjut. Dalam GDLC ini pun, hasil produksi game dibagi ke dalam 2 fase yaitu fase Beta dan Live.

GDLC Versi Doppler Interactive




Dalam model versi Doppler Interactive, terjadi siklus yang intensif pada fase Development sebelum pada akhirnya dilakukan pengujian dan testing. Dalam model ini proses pengembangan game dilakukan dengan menggunakan teknik rapid prototyping.

GDLC Versi Ridho Ramadhan




GDLC versi Ridho Ramadhan merupakan versi GDLC yang paling kompleks. Dalam model ini, proses pengembangan game terbagi ke dalam 4 tahap besar yaitu Foundation, Structure, Formal Detail dan Refinement. Secara umum, GDLC versi ini mengadopsi beberapa model GDLC yang telah ada sebelumnya dengan pendekatan akademisi yang sangat kental.

GDLC Versi Agate Studio



GDLC versi Agate Studio secara umum memiliki kemiripan dengan beberapa GDLC sebelumnya. Perbedaan mendasar pada GDLC versi ini adalah adanya tambahan berupa approval dari stakeholder yang bersangkutan. Hal ini dikarenakan GDLC versi Agate Studio telah menambahkan unsur bisnis dalam proses pengembangannya.

0 komentar:

Posting Komentar