Senin, 14 September 2020

Tutorial Blender #04 - UV Map

 

JagadAcademy - Blender adalah software modeling 3D open source yang bisa digunakan untuk membuat objek 3D dan film animasi. Blender yang akan digunakan adalah versi terbaru 2.80 yang telah memiliki banyak perubahan dalam segi interface.

Dalam tutorial kali ini, yang akan dibahas adalah cara UV Map


UV Editing adalah mode khusus untuk pembuatan UV Map (anda bisa mengaksesnya melalui deretan menu paling atas)


Window sebelah kiri adalah adalah UV Map, dan sebelah kanan adalah viewport objek 3D.


Pilih MODE SHADING agar warnanya terlihat


Pilih mode Texture Paint di Viewport


Ada menu baru di bagian kanan, dan pilih + pada menu Texture Slots


Pilih Base Color


Pilih warna dasar dan klik OK


Langkah ini berguna untuk membuat koneksi antara window kiri dan window kanan


Sehingga jika anda melakukan pewarnaan di salah satu sisi, maka sisi lainnya akan mengikuti









Untuk objek yang lebih kompleks, proses pembuatan UV Map cenderung lebih sulit. Misalnya kita akan menggunakan objek Sphere


Jika kita menggunakan cara otomatis dan langsung klik UV Editing maka hasil UV Mapnya akan berantakan


Untuk itu kita perlu menandai daerah mana yang akan kita jadikan UV MAP


Caranya aktifkan MODE EDGE dan klik ALT + klik bagian salah satu garis.


Klik menu UV dan pilih Mark Seam.


Garis berwarna merah menandakan jika garis itu akan menjadi penanda UV MAP


Tekan A untuk memilih semua mesh


Pilih menu UV dan Unwrap


Boom! Kali ini hasil UV MAP nya lebih baik dibandingkan sebelumnya


Langkah selanjutnya mirip dengan langkah sebelumnya


Tambahkan material


Tambahkan texture slot



Kemudian dobel klik materialnya


Jika telah terkoneksi anda bebas untuk mewarnai objek sesuai dengan kebutuhan anda




0 komentar:

Posting Komentar