Senin, 14 September 2020

Mixamo Animation - Integrasi Unity

 


JagadAcademy - Mixamo adalah sebuah aplikasi web untuk pembuatan animasi khusus untuk karakter 3D humanoid.  Mixamo merupakan tool animasi tercepat bagi anda yang ingin membuat film animasi atau prototipe game. Struktur bone yang dihasilkan oleh Mixamo merupakan struktur bone standar yang juga kompatibel dengan berbagai jenis software 3D lainnya seperti Blender, Maya atau iClone. 

Catatan:
Tutorial yang disajikan dalam situs ini merupakan tutorial tanpa teks. Jika ada bagian dalam tutorial yang tidak anda pahami, anda bisa menghubungi admin melalui admin@jagadcreative.id.

Import terlebih dahulu file FBX hasil produksi Mixamo


Klik Import New Assets


Cari folder tempat file-file FBX didownload


Selanjutnya ubah tipe Rig setiap animasi ke Humanoid (Anda bisa melakukannya sekaligus dengan menekan tombol shift)


Klik tombol Rig


Lalu pilih Animation Type = Humanoid


Klik Apply


Selanjutnya kembali ke tab Animation



Dan klik pilihan Loop Pose agar animasi berjalan berulang-ulang


Centang juga pilihan Bake Root Transform dan di set ke Original. Hal ini dilakukan agar animasi pada karakter ini (ybot) bisa digunakan pada karakter yang lain dengan kesalahan posisi rig seminimal mungkin.


Jangan lupa, klik Apply


Klik Play pada jendela kecil dan coba lihat hasil animasinya


Pengaturan untuk Walk Animation sama saja.







Pengaturan untuk Attack Animation agak mirip, bedanya animasi ini tidak perlu dicentang Loop Posenya.






Pengaturan untuk Death Animation mirip dengan Attack. Animasi ini tidak perlu dicentang Loop Posenya.








Selanjutnya pasang pose Idle ke Scene.


Buat Animator Controller dengan cara klik kanan pada panel Assets dan pilih Animator Controller.


Beri nama misal ybot-controller. Diusahakan nama Animator sama dengan nama karakternya agar tidak bingung


Dobel klik Animator Controller


Drag salah satu animasi, misalnya Walk. Saat sebuah animasi berada dalam Animator Controller, istilah berubah menjadi Animation State. Warna orange menunjukkan jika dia suka jeruk. Bukan. Warna orange tandanya adalah animasi default.


Ini adalah langkah paling penting. Pasangkan Character dalam Scene dengan Animator-nya.


Selanjutnya, klik Main Camera. Perhatikan tampilan MainCamera tidak sama dengan tampilan pada scene


Klik menu GameObject > Align With View


Sip. Sampai tahap ini tampilan Main Camera sudah sama dengan tampilan pada Scene.


Klik Play dan perhatikan karakter anda telah beranimasi.


0 komentar:

Posting Komentar